Fakta Unik Seputar Black Hole



Black Hole (Lubang Hitam) merupakan objek luar angkasa dengan kekuatan grativasi yang sangat kuat, bahkan cahaya pun akan tersedot ke dalamnya. Berikut fakta menarik mengenai Black Hole yang mungkin belum anda ketahui :

1. Black Hole tidak dapat dilihat oleh mata telanjang

Hal ini bukan berarti kita melihatnya menggunakan mata telanjang, akan tetapi mendeteksinya dengan gelombang (gelombang radio, sinar-X, dll). Cara paling mudah untuk mendeteksi keberadaan Black Hole ialah dengan melihat fenomena yang ada disekitarnya. Ketika sebuah bintang mendekati Black Hole, bintang itu akan hancur tersedot ke dalamnya. Hal tersebut menimbulkan panas dan pancaran gelombang sinar-X yang sangat kuat.

2. Bumi cukup aman dari ancaman Black Hole

Meskipun ada hipotesis yang mengatakan bahwa pusat dari Galaksi Bima Sakti ialah sebuah Black Hole, setidaknya kita bisa bernafas sedikit lega melihat jaraknya yang cukup jauh dari Bumi, yaitu sekitar 26.00 tahun cahaya.

3. Black Hole terbentuk dari Bintang Mati

Semakin besar massa inti suatu bintang maka akan semakin besar kekuatan gravitasinya. Siklus tak berkesudahan ini dalam waktu cepat mengkompresi inti bintang dan disaat yang sama melemparkan material di lapisan luar ke ruang angkasa dalam suatu ledakan yang disebut Supernova. Sisa materi yang tertinggal setelah ledakan Supernova menjadi suatu area dengan densitas yang tidak terhingga dengan hampir tidak mempunyai volume. Itulah yang disebut sebagai Black Hole.




4. Variasi ukuran Black Hole beragam

Menurut NASA, setidaknya ada tiga ukuran umum yang dimiliki oleh Black Hole. Yang terbesar biasanya berada di pusat galaksi yang umumnya memiliki massa satu juta kali massa matahari. Dibawahnya ada Black Hole yang seukuran dengan besar suatu bintang. Beberapa Black Hole jenis ini terdapat di galaksi Bima Sakti. Sedangkan Black Hole terkecil mempunyai ukuran dari satu atom sampai dengan sebesar gunung.

5. Waktu di dalam Black Hole Berjalan Lebih Lambat

Sesuai dengan Teori Relativitas Einstein, dimana waktu akan berjalan lebih lambat di tempat yang mempunyai gravitasi besar. Gravitasi Black Hole yang sangat kuat menyebabkan perbedaan waktu dengan wilayah sekitarnya.






6. Black Hole pertama ditemukan setelah penemuan teleskop sinar-X

Cygnus X-1 yang ditemukan sekitar tahun 1960an, tetapi baru diidentifikasi sebagai Black Hole beberapa tahun kemudian. Menurut NASA, Black Hole tersebut memiliki massa sepuluh kali massa Matahari. Adapun di dekatnya ada sebuah bintang superbesar yang sedang terserap oleh Cygnus X-1.

7. Wormhole belum jelas keberadaannya

Suatu topik fiksi-ilmiah populer bercerita bahwa ketika seseorang terperangkap ke dalam Black Hole, ia akan masuk ke dalam alam berdimensi lain melalui Wornhole. Meskipun hal tersebut nampak nyata, akan tetapi para ilmuwan belum dapat memastikan kebenarannya.


Post Comment